KENDARAAN ANDA TIDAK NYAMAN?

Selasa, 02 Februari 2010 , Posted by Wawan Elcassy at 21.31


Mengapa Kendaraan Mobil dan Motor Anda
kurang nyaman dan tidak enak dikendarai,
sering service serta boros BBM???

Apa penyebab semua itu???


Ternyata, penyebabnya adalah kurang tepatnya anda dalam memilih pelumas atau oli mesin untuk kendaraan anda.


Perlu diingat bahwa pelumas adalah bahan terpenting bagi kendaraan bermotor anda.

Memilih dan menggunakan pelumas yang baik dan benar untuk kendaraan bermotor anda, merupakan langkah tepat untuk merawat mesin dan peralatan kendaraan agar tidak cepat rusak dan mencegah pemborosan.


Fungsi utama pelumas atau oli adalah sebagai pelumas mesin dan juga sebagai Pendingin, Pelindung dari Karat, Pembersih dan Penutup Celah pada Dinding Mesin. Oli akan membuat gesekan antar komponen didalam mesin agar bergerak lebih halus, sehingga memudahkan mesin untuk mencapai suhu kerja yang ideal.


Kandungan Additive dalam oli, akan membuat lapisan film pada dinding silinder guna melindungi mesin pada saat start, sekaligus mencegah timbulnya karat, sekalipun kendaraan tidak dipergunakan dalam waktu yang lama. Disamping itu kandungan Additive Deterjen dalam pelumas berfungsi sebagai pelarut kotoran sisa pembakaran agar terbuang saat penggantian oli.


Banyak jenis pelumas atau oli beredar dipasaran saat ini, tetapi tidak menjamin oli tersebut baik dan benar serta cocok buat kendaraan anda. Anda bisa rasakan sendiri pada saat mengendarai, suara mesin saat hidup, tarikan gasnya dan pada saat start setelah lama tidak dipakai.


Jika anda sembarangan menggunakan pelumas untuk kendaraan anda atau pelumas yang anda pakai tidak cocok dengan karakteristik mesin kendaraan anda, maka bisa dipastikan noise/suara mesin anda tidak halus, tarikan gasnya tidak maksimal dan berat, susah distarter dan akibat mesin kendaraan tidak bekerja normal maka mesin menjadi panas, dampaknya tentu pada additive dan viscosity oli menjadi berkurang yang menyebabkan mesin tidak enak dikendaraai dan akibat lainnya yaitu pemborosan BBM.


Jika itu terjadi, sudah pasti bisa ditebak...anda akan kebengkel untuk service dan ganti oli.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar